Perbedaan Cinta Dan Bercinta



Setiap insan, akan hampa hatinya jika tanpa disertai dengan cinta, karena dengan cintalah hatinya seakan terang benderang bercahaya, sehingga menimbulkan perasaan senang. Namun, tidak sekedar sampai situ?. Ketika hati sudah ada cinta, akan hampa hidupnya jika tidak menerapkan cinta dihatinya dalam kehidupan nyatanya?.

Cinta dalam hati ibarat sebuah lampu senter yang terdapat pada dalam rumah, alangkah indahnya jika lampu senter tersebut digunakan untuk menerangi diluar rumahnya, pasti akan memberikan lebih banyak manfaatnya.

Untuk lebih resminya, cinta adalah sebuah perasaan yang timbul karena sebab tertentu, dan sebab itu biasanya dari pandangan atau pengorbanan.

Cinta adalah akibat dari beberapa sebab, sedangkan bercinta adalah akibat dari cinta. Kita bahas dulu tentang cinta.


Cinta terbagi menjadi dua: cinta yang tertolak dan cinta yang tak tertolak. Cinta yang tertolak adalah ketika yang mencintai menyampaikan perasaannya kepada yang dicintainya, terjadi ketidak cocokan. Nah, cinta yang tertolak ini kadang terjadi karena ada beberapa kesalahan, mungkin cara penyampaiannya, tujuan dan maksud mencintainya. Sedangkan cinta yang tak tertolak, adalah cinta yang benar-benar diterima kehadirannya dalam hati yang dicintainya, atau terjadi karena kecocokan hati.

Cinta adalah perasaan yang muncul karenana sebab, disini juga dibagi menjadi dua: cinta yang muncul karena sebab dari kebaikan dan cinta yang muncul dari sebab keburukan. Nah, cinta yang muncul karena sebab dari kebaikan adalah ketika seseorang itu memandang atau merasakan orang yang dipandang atau dirasakannya itu melakukan kebaikan, memberi senyum dan salam atau rela berkorban dengan ketulusan hati, saat itulah cinta itu muncul, cinta yang tercipta karena sebab kebaikan biasanya berpotensi untuk membalas kebaikan dari yang dicintainya lebih baik lagi. Sedangkan cinta yang muncul karena sebab kejahatan biasanya ketika seseorang itu memandang sesuatu yang buruk dan yang tak pantas dilihat. Mungkin cinta muncul karena melihat bagian tubuh tertentu sehingga timbulah cinta yang sebanarnya adalah syahwat yang berkedok cinta.

Sedangkan bercinta adalah bentuk gerakan dari sebuah perasaan cinta itu sendiri, misalkan berkorban, melindungi dan membantu.
Bercinta juga dibagi dua:

1. Bercinta karena cinta

Bercinta karena cinta adalah melakukan suatu gerakan positif yang terjadi karena perasaan cinta tersebut. Seperti contoh diatas tadi, misalkan berkorban, membantu dan melindungi. Bercinta tidak harus dalam bentuk "bersetubuh."

2. Bercinta karena nafsu

Bercinta karena nafsu adalah kebalikan dari bercinta karena cinta, bercinta yang seperti ini kadang dapat merugikan salah satu pihak, yang sebenarnya sama ruginya. Contoh bercinta karena nafsu seperti bersama saat butuh saja, meminta bantuan terus pada yang dicintainya tanpa pernah membantu. Intinya adalah bercinta yang menciptakan suatu kerugian.

Demikian sedikit tentang perbedaan cinta dan bercinta.
Mungkin ada suatu kesalahan dan mohon kritik dan sarannya.
Semoga bermanfaat dan ....

No comments