Menciptakan Hubungan Bahagia

hubungan cinta


Di postingan kali ini Semriwing Cinta akan membahas bagaimana cara menciptakan hubungan harmonis dan bahagia. Hubungan cinta tidak akan semulus dan sesempurna yang kita bayangkan, banyak ujian cobaan yang harus kita lewati. Yaah memang begitulah namanya hidup, ada saat sedih senang dan sebagainya. Namun semua itu kita kembalikan lagi ke kita bagaimana cara menyikapinya.

OK langsung saja ini tips - tipsnya agar tercipta hubungan yang bahagia :

1. Menjaga suasana hati

Kalau kamu ingin bersenang-senang, maka senanglah. Kalau kamu ingin bahagia, maka berbahagialah. Sederhana bukan? Ya, sangat penting untuk menjaga suasana hati dalam sebuah hubungan. Hubungan seharusnya membuat kita bahagia: banyak dari kita lupa fakta sederhana ini dan akhirnya tidak mendapatkan apa-apa kecuali kesedihan dan stress.

So, pastikan setiap individu dalam setiap hubungan dapat melakukan banyak hal yang membuat dirinya merasa bahagia. Pastikan kalian bisa bercanda atau bahkan saling mengolok-olok satu sama lain. Ini akan menambah keintiman dalam sebuah hubungan. Ujung-ujungnya bahagia.

2. Saling menghargai perbedaan

Memahami bahwa setiap orang adalah unik, khas. Setiap orang adalah istimewa dan berbeda satu sama lain. Bahkan antara kamu dan pasangan kamu. Maka, pahami dan hargailah perbedaan itu.

Semakin berbeda setiap individu dalam sebuah hubungan, maka akan semakin banyak masalah yang muncul. Ini sudah hukum alam. Bagaimana kita mengatasi semua itu? Nah, di sinilah diperlukan adanya saling memahami dan saling menghargai untuk menjaga konflik dalam titik minimum.

Satu lagi, saat konflik itu muncul, maka yang diperlukan adalah diskusi, komunikasi, bicarakan dengan pasangan. Komunikasi adalah salah satu dari 4 kunci sukses dalam sebuah hubungan. Ingat sebuah iklan teh, "mari ngeteh, mari bicara."

 3. Melakukan kegiatan bersama

Semakin sering kita melakukan sesuatu kegiatan (terutama yang membutuhkan kerja sama) dengan seseorang, maka kita akan semakin memahami bagaimana orang tersebut. Ini penting untuk menjaga keintiman dalam sebuah hubungan. Saya jadi teringat sebuah pepatah

    " Kamu tidak akan pernah benar-benar memahami seseorang sebelum kamu merasuk ke dalam jiwanya, menyelusup ke dalam kulitnya dan mengalir bersama aliran darahnya. "

Tentu saja ini hanya sebuah peribahasa.

 Cobalah untuk masuk ke dalam dunianya, selami hobinya, melakukan banyak hal yang menyenangkan bersama-sama. Dan jangan lupa untuk mengajak dia masuk ke dalam dunia kamu.

4. Saling memaafkan saat masalah muncul

Pastikan kamu bisa saling memaafkan satu sama lain saat masalah muncul dalam hubungan kamu. Bukankah sebuah hubungan tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah? Jelas ini tidak mudah karena dibutuhkan kedewasaan dalam berfikir dan bersikap. Diskusi dan komunikasi kembali menjadi faktor yang sangat berperan dalam hal ini.

Diskusikan kalau ada sesuatu yang tidak mengenakkan dalam hubungan kalian. Jangan memendam masalah sendiri, itu akan menjadi bom waktu yang suatu saat pasti meledak tak terkontrol.

Bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan? Ini akan saya bahas di artikel selajutnya.

5. Menciptakan variasi dalam hubungan

Intensitas pertemuan dengan pasangan yang terlalu sering, suatu saat akan membawa kamu pada satu titik jenuh dalam hubungan.  Ini hal yang selalu terjadi dalam sebuah hubungan jangka panjang dan tidak bisa dihindari. Setiap hubungan jangka panjang pasti akan melewati tahap ini. Bagaimana menyiasatinya?

Beri waktu untuk satu sama lain beristirahat dan mengevaluasi hubungan ini. Cara paling sederhana adalah dengan melakukan LDR (hubungan pacaran jarak jauh). Berpisah untuk sementara waktu akan memudahkan kita dalam melihat hal-hal yang kelihatannya sepele (kecil) tapi sangat berharga dalam hubungan. Ini adalah cara melihat sebuah hubungan dari perspektif yang berbeda.

16 comments

Betul mas agar tetep terjalin hubungan yang bahagia fi dunya wal akhirah amiin

5 tips yang okey nih mas, terutama point 3.
melakukan banyak hal yang menyenangkan bersama-sama. Dan jangan lupa untuk mengajak dia masuk ke dalam dunia kamu.

buatlah pasanganmu selalu enjoy dan berikan dia kenikmatan :)

bener gak yah..

yups mas bener banget tuh, kebersamaanlah yang paling utama

betul mas, semuanya memang perlu dilakukan untuk menciptakan sebuah hubungan yang harmonis

Ya kira2 begitu ..agar hubungan tetep langgeng dan harmonis

kunjungan di awal pekan mas mf baru bisa absen :)

Nice tips soB buat yang punya sudah punya pasangan, haha

tipsnya solid bro, biar makin mesra gitu..! komen back yah

Mas Cahyo@ apa kabar

mas Henrik@ Yang belum punya pasangan ntar bacanya klu udah punya ya mas wkwkwk

Rizal@ makasih dah berkunjung

makasih dah berkunjung

Sama2 makasih juga udah baca slm kenal

Saya terkesan dengan tulisan pada poin ke 2 yaitu tentang PERBEDAAN.Perbedaan adalah merupaka hukum alam yang tidakbisa kita pungkiri,kita hanya wajib mencari cara untuk:bagaimana cara menyatukan DUA perbedaan supaya menjadi sebuah kekuatan untuk menjalani hidup bersama pasangan kita,bukankah demikian mas bro,,,,

NICE POST MY BRO,,,,,

Betul mas Dede..bukankah dalam menjalin hubungan untuk saling melengkapi perbedaan tsbut, dlm artian saling memahami menutupi kekurangan masing2 agar tercipta suatu keharmonisan khususnya bagi yang udah berkeluarga...Mas DEDE udah berkeluarga blm nih wkwkwkwk

menjaga suasana hati dalam berhubungan menurut saya itu yang paling penting.. selalu bersenang-senang dengan melakukan kegiatan bersama :)