Tips Pacaran Sehat

Pacaran gaya “mens sana in corpore sano” maksudnya adalah pacaran yang sehat baik secara fisik, psikis maupun sosial. Artinya, pacarannya tidak saling menyakiti, menimbulkan rasa nyaman, sekaligus tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama maupun norma yang berlaku di masyarakat. Jadi, jangan sampai deh gaya pacaran kamu meniru gaya orang Barat, atau nggak peduli aturan sehingga terjadi perilaku seks bebas.

tips pacaran sehat

Nah, biar kamu bisa terhindar dari gaya pacaran yang “nggak sehat”, ada beberapa hal yang perlu diingat, seperti:

1. Bikin Kesepakatan

Sebelum mulai pacaran, buat kesepakatan apa saja yang bisa ditolerir untuk dilakukan atau tidak. Tanya sama sang pacar, perilaku apa yang bisa diterima. Pas mau bikin rayuan ‘pulau kelapa’, pikirin dulu dampak dari kenakalan tangan dan si ‘adek’. Coba kalo itu terjadi sama kakak atau adik perempuan kamu? Kalau dari awal sudah sepakat, pas entarnya putus kan posisinya jadi fair.

2. Lihat Sikon

Hindari tempat atau suasana yang biasanya mengundang kamu untuk kepengen, atau bikin kebablasan. Asal tahu saja, dari beberapa kasus teman yang akhirnya ber-HI (hubungan intim), biasanya karena habis nonton film gituan bareng pacar, atau lokasi itu tidak ada siapa-siapa, cuma kalian berdua. Obatnya, cari teman ketiga supaya acara jadi lebih rame (kalo ikhlas aja, hehehe) sehingga nggak bikin kalian larut dalam kesepian yang mengundang.

3. Jaga Diri

Tentukan dulu batasan mana yang dilakukan dan mana yang tidak boleh. Tujuannya, agar remaja tidak terjerumus pada tindakan negatif seperti pergaulan bebas, hamil akibat ‘kecelakaan’, aborsi, tertular penyakit kelamin dan sebagainya. Karena itu, pas lagi pacaran perlu menjaga diri dan tingkah laku kamu biar nggak dikira orang gampangan.

4. Komitmen

Katakana NO!!! kalau pacar kamu mengajak berhubungan intim sebelum menikah. Di samping itu, hindari perilaku yang menjurus ke arah hubungan intim, seperti berduaan di tempat sepi, berciuman, petting, dll. Ingat kalau hal-hal tadi bisa membuat kamu kehilangan kemampuan mengontrol diri dan kebablasan.

5. Ingat Tuhan

Yang ini jelas jadi hal yang paling penting. Dekat dengan Tuhan merupakan benteng yang paling tangguh untuk menghindari setiap godaan yang datang. Dengan memiliki bekal keimanan serta nilai-nilai agama, kamu akan senantiasa terjaga untuk tidak melakukan perbuatan yang merugikan.

No comments