Mengapa Cinta Masa Remaja Identik dengan Hubungan Intim?

cinta remaja intim

Pacaran bagi kaum remaja identik dengan coba-coba / mengenal, cari pengalaman, sehingga belum didukung oleh tujuan yang serius dan akhirnya kerap berubah arah.

Kejadian pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media, video klip, majalah, televisi dan film-film, dan itu ternyata mendorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda, dengan melihat tampilan atau tayangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa saja, dimana saja.

Sekarang ini di kalangan remaja pergaulan bebas semakin meningkat terutama di kota-kota besar, hal ini terjadi karena kurangnya bimbingan dan perhatian dari orang tua, orang tua melakukan kesalahan dengan tidak memberikan pendidikan seks yang memadai di rumah, dan membiarkan anak-anak mereka mendapat pemahaman seks yang salah dari media, akhirnya terjadilah persepsi yang muncul tentang seks di kalangan remaja adalah sebagai sesuatu yang menyenangkan dan bebas dari resiko ( kehamilan atau tertular penyakit kelamin ).

Dan parahnya lagi, para remaja yang terlanjur mendapat informasi seks yang salah dari media, cenderung menganggap bahwa teman-teman sebaya mereka juga sudah terbiasa melakukan seks bebas, mereka akhirnya mengadopsi begitu saja norma-norma sosial, yang sengaja dibuat oleh media.

Pengaruh negara-negara barat juga turut membantu rusaknya tatanan agama, budaya dan adat bangsa ini, yang secara turun temurun bangsa ini sangat menjungjung tinggi nilai-nilai moral serta norma yang telah lama mendarah daging dalam masyarakat.

Banyak mereka yang melakukannya, mengakui secara sadar telah melakukan hubungan seks pranikah dan telah melanggar nilai-nilai dan norma agama, tetapi kesadaran itu ternyata tidak mempengaruhi perbuatan dan perilaku seksual mereka, ALASANNYA para remaja melakukan hubungan seksual tersebut adalah karena semua itu terjadi begitu saja tanpa direncanakan.

Seharusnya para remaja mencari informasi melalui orangtua atau guru, tetapi justru mereka bertanya pada teman sendiri yang nyata-nyata tidak mengerti dengan permasalahan seks ini, karena temannya itu, juga mentransformasi dari teman yang lainnya, yang tidak mengerti juga terhadap resikonya.

Jadi jelaslah, faktor penyebab kenapa para remaja melakukan sek pranikah yaitu :

* Faktor Agama dan Iman.

* Faktor Lingkungan seperti orangtua, teman, tetangga dan media.

* Pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang berlebihan.

* Perubahan Zaman.

Demikian semoga dapat difahami dan mengerti, sehingga akan berguna bagi pembentukan dirimu, ke arah tujuan yang sesuai dengan norma-norma yang baik dan luhur.

2 comments

wah artikelnya bgus bgts....

thank you mas bro