Pecandu Cinta



Cinta adalah ikatan kasih sayang antara pribadi yang berbeda dan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan satu pribadi kepada pribadi yang lain , cinta juga merupakan kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap orang lain, berupa ; pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, dan lain-lain.

Belakangan ini kita banyak mendengar gossip para artis yang membahas tentang perceraian mereka, salah satu diantaranya berita tentang perceraian Tamara Blezinsky dengan suami keduanya mike lewis, dan juga kasus perceraian artis lainnya. Sudah hal yang lumrah memang bagi para selebritis tanah air untuk kawin cerai dan gonta ganti pasangan. Bahkan bukan hanya selebritas tapi kasus perceraian juga terjadi di kalangan rakyat biasa.
Terkadang kita bisa melihat bahwa beberapa orang tergesa-gesa saat memasuki pernikahan. Dan beberapa diantaranya juga terburu-buru untuk mengakhiri pernikahan mereka dengan kata perpisahan, dan kemudian tergesa-gesa pula memasuki pernikahan yang baru tanpa menyediakan waktu untuk mengoreksi/ menyembuhkan diri dari luka yang disebabkan oleh pernikahan yang pertama, dan tanpa melakukan usaha apa-apa untuk mengatasi penyebab dalam diri mereka sendiri yang turut memberikan kontribusi pada kehancuran pernikahan mereka yang pertama……dan yang kedua…….bahkan mungkin yang ketiga.
Ada baiknya kita menyediakan waktu untuk menyelesaikan masa lalu kita atau jika tidak kita akan mengulanginya lagi…….lagi…….dan lagi…….. Seringkali kali kegagalan dalam hubungan cinta merupakan kegagalan pribadi kita sendiri, yang tak pernah meluangkan waktu untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kita. Bisa saja kejadian / trauma masa lalu yang kita alami ketika masih kecil, yang belum terselesaikan dan terus menghantui pikiran kita yang membuat kita sulit untuk menerima / menjalin hubungan dengan orang lain.
Sebagai contoh seorang teman saya sebut saja jacky yang sudah empat kali gagal dalam pernikahannya, menjadikannya sebagai seorang “Pecandu Cinta” dan wanita adalah obat yang dipilihnya. Hal ini karena dorongan dari dalam dirinya untuk menghindar dari berhadapan dengan rasa sakit yang merupakan suatu candu baginya. Selidik punya selidik ternyata hal ini disebabkan oleh trauma masa kecil yang begitu melukai hatinya , dia tidak pernah mendapat perhatian dan kasih sayang dari kedua orng tuanya.
Tanpa disadarinya jacky berusaha mencari seorang wanita untuk mengisi masa masa kecilnya yang kurang kasih sayang dan memilih wanita yang mirip ibunya. Dengan kata lain dia mencari pengganti ibunya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak pernah diberikan oleh ibunya sendiri, dan dia tidak menemukan apa yang dicarinya dari setiap wanita yang dinikahinya. Begitu dia gagal dalam pernikahannya yang terdahulu, dia segera menikah lagi tanpa memberikan waktu untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dirinya yang ditinggalkan ibunya, yang telah berakar sejak masa anak-anaknya.
Bukannya menghadapi rasa sakit, dia malah mencari ibu pengganti yang lain untuk menghilangkan rasa sakitnya. Dan hal itu tidak akan pernah ditemukannya bila dia tidak memberikan waktu untuk menyelesaikan luka masa lalunya. Yang disebut cinta oleh jacky adalah kebutuhan untuk bergantung secara berlebihan. Dia tidak membutuhkan wanita karena dia mencintainya, melainkan karena dia membutuhkannya ….sebagai pengganti ibunya…sebagai pembawa kedamaian untuk meredakan luka hatinya.
Untuk mengurangi beban rasa sakitnya dia, terus berusaha menjalin hubungan dengan wanita – wanita lain (yang juga mempunyai permasalahan sendiri-sendiri, dan akhirnya mengakhiri pernikahan mereka dengan kata perceraian dan hal ini terus berulang hingga pernikahannya yang ke empat. Meskipun luka yang kita alami tidak sehebat luka yang dialami jacky, sangatlah penting menyediakan waktu untuk menyelesaikan masa lalu kita , sebelum kita menjalin hubungan permanen yang lain.
Karena jika tidak kita mungkin saja akan terus mengulangi pola yang sama dan seperti jacky yang terus tertarik pada wanita yang akan meniggalkannya, sebagaimana yang dilakukan ibunya kepadanya. Berpegang terus pada luka masa lalu membuat penyembuhan menjadi suatu hal yang mustahil. 

No comments