Menjaga Kesetiaan Sampai Akhir Hayat

kesetiaan cinta


Menjaga Kesetiaan Sampai Akhir Hayat - Sebuah pernikahan adalah sebuah keberanian untuk membuat komitmen bahwa akan setia hingga akhir hayat...
Tidak ada yang berniat mempunyai usia pernikahan hanya 'seumur jagung'. Namun begitu apa yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar kata 'selingkuh'? Pasti yang terbayang oleh Anda adalah seorang pria dengan status menikah mempunyai hubungan asmara tanpa sepengetahuan pasangan resminya alias sang istri. Tapi Anda jangan 'berbangga' diri dulu, ternyata jaman sekarang 'dunia selingkuh' bukan hanya monopoli kaum adam!

Apapun bentuk dan alasan dari sebuah perselingkuhan atau siapapun yang melakukannya, selingkuh tetap merupakan sebuah perilaku yang menyimpang dari komitmen. Memang terjadinya sebuah perselingkuhan biasanya disebabkan karena faktor internal (dalam diri) misal disebabkan karena kepribadian seseorang atau obsesi, serta faktor eksternal lebih kepada terjadinya hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan atau bisa juga karena adanya godaan dari luar.

Sebisa mungkin kita harus bisa untuk selalu setia dengan pasangan hidup kita. Jangan bertindak egois tanpa memikirkan perasaan sang buah hati yang pastinya akan terkoyak. Oleh karenanya sebisa mungkin suatu hubungan rumah tangga harus selalu dijaga keutuhannya dengan cara:

1. Selalu mempunyai rasa saling menghargai.

Mungkin diluar sana Anda akan banyak melihat kelebihan orang lain tapi ingatlah bahwa pasangan Anda adalah jodoh yang sudah diberikan Tuhan untuk Anda.
Selalu ingat kelebihan pasangan. Ingatlah mengapa dahulu Anda tertarik dengan pasangan, tentunya karena adanya kelebihannya!

2. Ikhlas dalam menjalankan mahligai rumah tangga.

Niatkanlah bahwa pernikahan hanya akan menjadi pernikahan sekali dalam seumur hidup Anda.

3. Selalu bersikap jujur. 

Pasangan kita ibarat 'pakaian' dalam hidup kita, Tidak ada yang perlu disembunyikan dari pasangan. Sikap menutup-nutupi 'sesuatu' hanya akan mendatangkan kondisi bagai 'gunung api' yang akan meletus.
Jangan pernah mempunyai patokan atau ukuran berdasarkan materi. Sikap ini hanya akan membuat usia perkawinan tidak langgeng. Syukuri apa yang sudah didapat yang artinya itu adalah rejeki dari Nya.
Tidak usah coba-coba untuk bermain api. Awalnya Anda coba-coba nanti Anda akan terbakar!

4. Selalu ingat 'memory' indah. 

Pasti banyak kenangan indah sudah Anda lalui bersama pasangan. Kenang kembali saat-saat indah Anda bersamanya. Dengan begitu Anda akan semakin lebih menghargai komitmen yang sudah terbina.
Godaan di luar memang banyak, jadi pandai-pandailah kita untuk menyikapi godaan-godaan tersebut. Ingat untuk selalu berniat bahwa kesetiaan berumahtangga ini akan terus terjaga hingga akhir haya


5. Menepis Rasa Curiga

Saat rasa ini menghampiri memang terasa kurang nyaman, namun sebagai manusia seringkali kita dihinggapi rasa ini.
Seringkali rasa curiga meghampiri diri kita tanpa basa-basi. Sebuah rasa curiga datang bukan tanpa alasan. Terkadang ada firasat yang membuat kecurigaan hinggap dalam hati. Curiga dengan pasangan, curiga dengan rekan sekerja, curiga dengan lingkungan sekitar bahkan kecurigaan terhadap diri sendiripun sering kali datang.

Rasa curiga yang sedang datang menghampiri seringkali membuat sebuah komitmen atau rencana yang sudah tersusun dengan rapih menjadi porak-poranda. Misalkan kecurigaan yang melanda kehidupan rumah tangga, seringkali justru menjadi 'bomerang' dalam kehidupan rumah tangga tersebut. Rumah tangga yang sebelumnya aman tentran tetapi bisa berubah menjadi sumber prahara dalam kehidupan karena selalu dihampiri rasa curiga.

Sebagai mahkluk ciptaan Tuhan, sewajarnya kita dapat mengusir rasa curiga yang selalu bersemayam dalam dada. Karena sesungguhnya kecurigaan hanya akan mendatangkan kegelisahan dalam jiwa kita sebagai manusia dan yang lebih penting lagi adalah rasa curiga dapat menjauhkan kita dari Sang Pencipta.

Ada beberapa point yang dapat kita lakukan agar rasa curiga tidak selalu datang menghampiri, seperti:

- Selalu berpikir positif.

Walaupun kita tidak dapat meramalkan apa yang akan terjadi pada diri kita atau sekitar kita, tapi hendaknya kita harus dapat berpikir dan berpandangan secara positif dan bijaksana. Berpikir negatif justru akan membuat langkah kita menjadi tersendat dan ragu-ragu.

- Tanggap akan lingkungan sekitar. 

Dimanapun Anda berada pastikan Anda dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi. Ingat Andalah yang harus bisa menyesuaikan diri, bukan lingkungan sekitar yang menyesuaikan diri dengan Anda.

- Bersahabat. 

Tidak ada ruginya mempunyai sifat untuk berteman dengan sesama dalam lingkungan apapun juga. Jangan pernah memilih-milih untuk berteman, dengan demikian Anda memiliki hati dan jiwa yang terbuka bagi siapa saja tanpa harus dihantui rasa curiga.
Selalu melakukan komunikasi dengan baik. melakukan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam berhubungan dengan sesama manusia. Melakukan komunikasi dengan kata-kata yang baik dan indah untuk jaman sekarang ini sudah sangat mudah karena kemajuan teknologi komunikasi.

- Jauhi isu/gossip.

Percayalah apapun alasannya bergosip itu tidak ada gunanya dan justru akan membawa Anda kepada pikiran-pikiran yang tidak semestinya. Misalkan Anda mendengar gossip tentang teman Anda, tanpa Anda sadari kecurigaan akan datang terhadap teman yang sedang digosipkan tersebut.
Selalu ingat pada Nya. Anda harus camkan bahwasanya kehidupan setiap manusia sudah ada yang mengaturnya. Selalu berdoa pada Nya agar Anda dijauhkan dari rasa curiga terhadap siapapun juga.Mempunyai perasaan curiga sesekali boleh-boleh saja, asalkan perasaan curiga tersebut jangan dijadikan sebuah 'patokan' bagi Anda untuk menentukan sebuah langkah. Kecurigaan yang berlebihan nantinya justru dapat menjadi bibit sebuah fitnah! Jangan pernah ada kecurigaan di sekitar kita.

Semoga Allah senantiasa  memberikan keutuhan Rumah Tangga kita sampai akhir nanti
Amiin amiin ya rob.

17 comments

setia sampai maut memisahkan, cool

itu yang dinamakan cinta sehidup semati kali yah,,,ini pencerahan baru buat saya nih,Terimakaish sob untuk artikelnya,,,,,

sma2 mas dede, harusnya sih gitu ya satu cinta untuk selamanya

saling setia adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah hubungan ...

point yang terakhir yang akhir2 ini sering jadi pemicu retaknya satu hubungan ya mas...
komoiukasi dua arah yang indah mudah2an bisa menetralisir kemungkinan yang tidak di harapkan...dan bakal terjadi
great post mas virl :)

saya mah percaya kalo kang dede..orangnya setia setiap saat..iya kan mas ..hehehe :)

Inilah kadang rasa curiga yang sering muncul sbg pemicu...yang penting tetep saling percaya ya mas Poreper pokokna

saling menjaga,percaya dan saling membutuhkan

selingkuh,,,selingan indah keluarga utuh,,,, katanya sih mas,,,, hehe

Waduh klu selingkuh itu mbak...yg sring jadi petaka buat rumah tangga

Konon katanya orang baik di ketemukan juga dg yg baik ya mas

setia (setiap tikungan ada) hehe

Kesetiaan memang harus di bina yah Mas Virlyz
Dalam suatu hubungan. kalau saya baik semoga
Saja pasangan saya atau teman saya dapatnya yang baik
Juga yah Mas Virlyz. amin

itu namanya cinta sejati ya mas, perlu diterapkan dalam diri nih, hehehe :D
makasih telah berbagi :)

tp jaman skrg yg namanya cinta sejati itu sudah jarang ditemukan, ribut sedikit cerai, berantem sedikit cerai... seolah2 makna sakral perkawinan itu sudah hilang

Sudah setia tapi pasangan ngga setia......